Cara Instalasi dan Menulis Bahasa Jepang Menggunakan Komputer - Menindaklanjuti pertanyaan yang diajukan oleh Mas Denny Aditia terkait cara menulis bahasa Jepang menggunakan komputer. Sebenarnya tidak memerlukan aplikasi ataupun keyboard berbahasa Jepang. Saya akan memberikan cara singkat supaya Anda bisa menginstal atau menambahkan bahasa Jepang pada Komputer Anda.

Caranya cukup mudah, di control panel windows sudah tersedia pengaturan untuk memunculkan bahasa Jepang. Untuk pengaturan bahasa Jepang yang saya buat bisa diterapkan pada Windows 7, Windows 8 dan Windows 8.1.

Sedangkan untuk Windows XP sedikit berbeda dalam pengaturannya, Anda harus memiliki CD instalasi Windows XP untuk menambahkan bahasa yang digunakan khusus Asia timur. Kecuali Anda telah menambahkan bahasa tambahan tersebut ketika instalasi Windows XP. Pengaturannya cukup menambahkan bahasa Jepang di control panel windows.

Supaya tidak berlama-lama lagi untuk mengaktifkan bahasa Jepang di komputer Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Klik menu Start pada desktop windows Anda, kemudian pilih Control Panel


2. Akan muncul menu kategori Control Panel, silahkan Anda klik Clock, Language, and Region


3. Berikutnya Anda klik Region and Language atau bisa langsung pilih Change display language


4. Tampil popup Region and Language. jika Anda memilih Change display language akan langsung diarahkan ke tab menu Keyboards and Languages. Lalu Anda pilih tombol Change keyboards, disinilah Anda akan menambahkan bahasa Jepang.


 5. Muncul popup Text Services and Input Languages.Nah, sekarang Anda bisa menambahkan bahasa baru dalam hal ini adalah bahasa Jepang yang akan ditambahkan. Pada bagian Installed services silahkan Anda klik tombol Add


6. Akan tampil popup Add Input Language.Setelah mengklik tombol Add akan muncul popup Add Input Language, Anda gulirkan ke bawah cari pilih bahasa Jepang [Japanese (Japan)], berikan centang pada kotak Microsoft IME dan Ink Correction. Klik tombol OK jika sudah dicentang.


 7. Maka pada popup Text Services and Input Languages akan tampil bahasa baru di Windows 7 Anda, seperti yang terlihat di bagian Installed services. Silahkan Anda pilih tombol OK untuk menampilkan bahasa di bar menu Start


 8. Silahkan Anda kembali ke layar desktop Windows atau Anda bisa langsung periksa di sebelah kanan bar menu START. Bahasa Jepang berhasil ditambahkan.


9. Coba Anda buka Ms Word kemudian posisikan lagi di sebelah kanan bar menu START, pilih bahasa Jepang (JP) kemudian pilih Hiragana untuk mengaktifkan huruf Hiragana. Di sini kita coba menuliskan hurup Hiragana.


10. Coba Anda ketikkan di lembar dokumen Ms Word, tuliskan seperti di bawah ini:
kore ha, hon desu (dibaca: Kore wa hon desu) dan tulisan hiragana menjadi これは、ほんです.


Cukup mudah, bukan? Anda tidak memerlukan sebuah aplikasi ataupun keyboard yang berbahasa Jepang, dengan mengaktifkan bahasa Jepang di Control Panel, sekarang Anda sudah bisa menulis dengan bahasa Jepang dan juga bahasa yang lainnya.

Atau Anda bisa lihat melalui video ini:



Selamat Belajar Bahasa Jepang!